Setelah kita sudah menata nama bisnis, dan sudah memetakan harga mulai harga eceran tertinggi, grosir maupun harga promo dan discount lainnya serta memiliki produk yang disiapkan untuk pasar potensial yang telah dibidik maka langkah selanjutnya adalah menyiapkan alat atau media promosi.
Konten dari promosi adalah bagian yang tidak terpisahkan dari merancang dan membangun bisnis online baik berupa deskripsi promo, gambar promo serta konten-konten lainnya yang disiapkan sebagai alat mempromosikan produk-produk yang kita miliki sesuai pangsa pasar yang kita bidik.
Karena konten promosi baik berupa tulisan yang menarik ataupun gambar yang bagus sangat mempengaruhi orang untuk tertarik melihat penawaran kita kemudian akan berlanjut dengan terjadinya sebuah transaksi.
Setelah semua konten promo sudah kita siapkan maka langkah selanjutnya adalah menyiapkan media sebagai lokasi konten penawaran dan promo produk-produk kita. Mulai menyiapkan lapak onlineshop bisa berupa sebuah website maupun blog yang berbayar maupun yang gratisan sebagai tempat lapak jual dan memudahkan orang umum melihat profil dan produk serta tatacara pembelian semua produk kita. Dengan begitu disaat kita menawarkan produk-produk kita orang akan langsung bisa memilih apa saja yang kita tawarkan.
Kalau kita belum mampu membuat website kita bisa menjual dan menawarkan produk kita di lapak market place seperti Tokopedia atau Bukalapak serta marletplace umum lainnya yang sudah dipercaya sebagai website marletplace yang menghubungkan pihak pembeli dengan pihak penjual. Untuk syarat dan ketentuan bisa dilihat di website mereka.
Setelah memiliki lapak baik website atau blog atau lapak market place kita juga harus menyiapkan promosi sosial media terpercaya sebagai lokasi menawarkan produk kita disasaran target market yang spesifik. Dan juga kita harus menyiapkan media komunikasi yang memudahkan pelanggan terhubung dengan kita. Baik berupa kontak telepon, kontak WhatsApp atau media penghubung lainnya.
Dengan begitu semua akses penjualan lewat internet kita siapkan semuanya, mulai lapak website perusahaan atau blog, dan media sosial sebagai promosi serta kontak yang memudahkan kita terhubung dan tentunya kita juga harus menyiapkan media transaksi internet banking sebagai alat pembayaran yang bisa dilihat dengan mudah via internet semua transaksinya.
Kita bisa menyiapkan rekening bank yang memiliki jangkauan dan akses internet banking seperti BCA, MANDIRI,BNI dan BRI atau lainnya. Sehingga memudahkan para pelanggan kita untuk transaksi dengan kita.
Semua alat atau media itu harus kita siapkan sebagai langkah awal kita membangun bisnis online dengan begitu kita bisa lebih siap dan sigap disaat kita menjalankan bisnis kita.