Senin, 23 April 2018

KENAPA HARUS MARGIN

sumber gambar : www.google.com
Kemarin kita membahas kenapa kita harus memilih produk yang memiliki margin yang cukup tinggi di awal kita membangun bisnis, bukan malah sebaliknya orang pasti akan berfikir supaya banyak laku kita cari produk yang murah meriah supaya laku keras.

Namun membangun onlineshop di awal karena kita masih sedikit pelanggan yang kita miliki atau banyaknya kompetisi yang sangat mudah dicari di internet kalau membandingkan harga maka kita harus pintar menghitung berapa margin yang kita dapatkan. Kenapa itu harus kita lakukan dan apa alasannya??

Alasan pertama adalah mencari mitra sebanyak mungkin yang akan membantu memasarkan produk kita lewat internet dengan cara ini barang kita akan lebih cepat laku dan dikenal oleh pelanggan-pelanggan kita. Dan tentunya alasan orang membantu memasarkan produk kita karena mereka mendapatkan keuntungan. Dan semakin tinggi keuntungan yang mereka dapatkan maka semakin banyak orang yang membantu memasarkan produk kita.


Sehingga margin produk yang kita miliki sanggup menciptakan keuntungan dari agen kita, atau mitra kita atau biasa disebut dropship atau reseller. Dan mampu menciptakan jalur distribusi yang tertata dengan baik dengan menciptakan varian harga sesuai dengan jumlah pembelian, seperti harga retail, harga grosir, harga agen dan sebagainya. Hanya produk yang memiliki margin yang bagus yang bisa menciptakan alur distribusi yang tertata dengan baik karena semua mitra yang bergabung juga mendapat keuntungan yang bagus pula.

Sering kali karena kita ingin cepat kita menjual produk yang sangat tipis keuntungan lewat online marketing sehingga disaat kita gagal melihat ongkos pengiriman kita malah buntung bukannya untung karena seringnya biaya ekspedisi pengiriman dilihat dari lokasi pelanggan serta jarak serta wilayah. Belum lagi resiko-resiko lainnya yang menggerogoti keuntungan.
Kalau kita ingin menjual produk yang memiliki keuntungan kecil mending kita hanya menjualkan saja atau sistem reseller atau aviliate yang tidak memiliki resiko tinggi. Namun kalau kita betul-betul memulai bisnis baru dan produk sendiri dan tidak memikirkan margin bagi mitra kita maka kita akan disibukkan dengan proses penawaran yang butuh waktu lama kecuali kita punya strategi menciptakan viral.

Alasan selanjutnya kenapa kita harus memiliki margin yang bagus adalah keuntungan yang didapat mampu membiayai operasional karena waktu yang diperlukan untuk menciptakan transaksi.
Maksudnya adalah menjual barang lewat online jelas membutuhkan waktu dan proses sehingga jelas membutuhkan biaya sehingga sedikitnya barang yang terjual setidaknya mampu membiayai operasional sehingga bisnis bisa berjalan terus. Dan motivasi tetap terjaga. Kecuali kita memiliki konsep besar dengan didukung pemodal besar yang siap merugi di awal karena target jumlah pelanggan yang akan dimonitisasi untuk mendapatkan keuntungan.

Sering kali pembisnis onlineshop di awal karena kurang bisa menciptakan harga yang ideal yang mampu menciptakan jalur distribusi yang bagus hanya mencapai titik penjualan yang hanya menjadi kesibukan semata dan mengarah menjual produk apapun karena hanya memikirkan bagaimana bisa jual saja tanpa mampu menciptakan nilai dan tidak bisa melihat visi bisnisnya dimasa depan.
Kalau kita masuk dibisnis onlineshop harus mampu menciptakan nilai dan menciptakan visi perusahaan dan tau bagaimana kita mendapatkan keuntungan. Sehingga mampu menciptakan bisnis yang berjalan dengan baik dan menciptakan sistem dan organisasi bisnis yang bisa menarik mitra sebanyak mungkin sehingga menciptakan pangsa pasar pelanggan yang loyal dan besar.